RESEP OPOR AYAM KUNING

Resep Opor Ayam Kuning| Memiliki cita rasa yang khas masakan indonesia yang terdiri dari berbagai macam rempah rempah hasil kekayaan alam indonesia membuat opor ayam menjadi menu makanan yang seolah mencirikan negara kita. Olahan ayam yang di jadikan opor dan berkuah kuning sangat pas jika di sanding kan dengan nasi, biasanya sih makanan ini di hidangkan ketika hari raya lebaran yang di sajikan bersama dengan ketupat, hmm mantap...
resep opor ayam kuning
Resep Opor Ayam Kuning

Bicara tentang opor ayam, saya jadi teringat dengan resep opor ayam buatan almh ibunda saya nih. Dulu beliau sering banget masakin opor ayam berkuah kuning, masakan beliau ngga ada tandingan nya deh. Sekarang kalau lagi lebaran saya paling dikirimi opor oleh kakak saya, daan rasanya kurang enak eheheh.

usut punya usut, dulu saya sering mengintip ibunda saya di dapur ketika beliau sedang memasak opor ayam kuning. Dan sedikit banyak saya mencatat apa saja sih bahan bahan yang perlu dimasukan ke dalam Resep opor ayam kuning itu? dan kemudian saya mencoba untuk memasak hasil catatan resep saya dan ini lah hasilnya. silakan membaca resep nya ya, terimakasih :)

RESEP OPOR AYAM

Bahan dan Bumbu Opor Ayam :


  • ½ kg daging ayam, potong-potong
  • 1 gelas (200cc) santan
  • 1 gelas air
  • 1 lembar daun salam
  • 2 batang serai, digeprek
  • garam, gula dan penyedap sesuai selera
  • 1 sdm minyak untuk menumis

Haluskan Bahan dan Bumbu Opor Ayam Kuning :


  • 3 siung, bawang merah.
  • 2 siung, bawang putih.
  • 5 butir, kemiri di sangrai.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • ½ sendok teh,biji pala.
  • 3 cm, lengkuas.
  • 2 cm, kunyit.
  • 3 cm, jahe.

CARA MEMBUAT OPOR AYAM KUNING ENAK DAN SEDERHANA :


  1. Daging ayam dibersihkan lalu rebus sebentar, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan dan air lalu aduk. Beri garam, gula dan penyedap secukupnya lalu masukkan daun salam dan serai.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah direbus, aduk lalu masak hingga ayam matang dan empuk. Angkat dan sajikan.
Resep Opor Ayam Kuning khas ibunda tercinta kini dapat saya rasakan lagi, setelah sekian lama saya tidak merasakan nya dan kangen akan macam macam resep masakannya kini saya dapat membuatnya sendiri hehehe. Sekian dari saya, itulah sajian resep opor ayam.Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Labels

Contact

Name

Email *

Message *