RESEP KUE BOLU KUKUS COKLAT

Resep kue bolu kukus coklat yang banyak diminati oleh para pecinta kue bolu ini sangat sederhana dan mudah, tanpa perlu di panggang karena dibuat dengan cara di kukus. Selain kue bolu kukus coklat ada juga varian lain dari kue bolu kukus yaitu resep kue bolu kukus pelangi yang mungkin dapat anda coba membuatnya.
Kue-Bolu-Kukus-Coklat-Resep-kue
Kue Bolu Kukus Coklat - Resep kue

Bahan Adonan Kue Bolu Kukus Coklat :

  • 200 gram, mentega/margarin (di lelehkan).
  • 100 gram, tepung terigu (di sarankan menggunakan tepung terigu pilihan yang sudah terbukti kualitasnya).
  • 100 gram, gula pasir (bisa juga menggunakan gula rendah kalori).
  • 50 gram, coklat bubuk.
  • 1 sendok teh, cake emulsifier.
  • 5 butir, telur ayam (putih telur + kuning telur).
  • 190 mili liter, susu kental manis rasa coklat.
  • selai strawberry secukupnya.

Kiat Tips Supaya Kue Bolu Kukus Mekar Dan Mengembang.
Tentunya sangat menyebalkan jika kue bolu yang kita buat itu menjadi bantet dan tidak mekar/mengembang, kelihatannya saja, sudah tidak enak dilihat apalagi untuk dimakan? pengalaman kue bolu menjadi bantet sering kali terjadi pada kita yang baru belajar memasak kue, dan pengalaman itupun pernah terjadi pada saya, hehehe. Maka dari itu kini akan saya berikan tips nya, di simak ya.

  • Pemilihan wadah kertas yang sesuai.

First impression adalah hal yang sangat penting dalam menyajikan hidangan kue bolu yang menarik, maka dari itu diperlukan pemilihan wadah kertas yang sesuai agar bentuk kue bolu ini menjadi menarik. Pilihlah kertas dengan tingginya yang sesuai, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek.

  • Gunaka cetakan kue yang berlubang.

Penggunaan cetakan kue yang berlubang dimaksudkan agar uap panas yang di hasilkan dari pengukus dapat menyebar secara keseluruhan dan membuat kue matang merata. Sangat tidak enak kan, jika masih ada bagian bolu yang tidak matang merata?.

  • Jangan buka penututp kukusan sebelum kue bolu matang.

Jika membuka penutup kukusan sebelum matang, tentu hasil akhirnya tidak akan mengembang dengan sempurna. Oleh karenanya, tunggu sampai kue tersebut matang pada waktu yang sudah di tentukan.

  • Gunakan Mixer (pengaduk adonan) dengan speed atau kecepatan tinggi.

Pada saat mengaduk/mengocok telur dengan gula, kocok lah adonan tersebut sampai benar-benar lembut dengan menggunakan mixer atau alat pengaduk berkecepatan tinggi. Setelahnya, baru masuk tahap tepung agar tercampur dengan rata.

  • Soda cair baru.

Penggunaan soda cari yang sudah lama atau sudah lewat tanggal kadaluarsa nya mengakibatkan kue bolu tidak mengembang dengan sempurna.Maka dari itu gunakan lah soda cair yang benar-benar baru dan belum pernah dibuka segel sebelumnya.

Baiklah langsung saja ke cara pembuatannya.

Cara Membuat Resep Kue Bolu Kukus Coklat :


  1. Aduk telur,gula,dan ovalet menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Kemudian masukan tepung terigu,susu coklat kental manis, dan coklat bubuk. Aduk rata hingga adonan mengembang.
  2. Masukan mentega yang sebelumnya sudah di lelehkan/cairkan. Kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, tuangkan adonan kue ke dalam loyang/cetakan yang sudah di siapkan.
  3. Kukus lah adonan dengan waktu selama kurang lebih 30 menit hingga adonan matang. Setelah menunggu selama 30 menit dan adonan matang, lalu angkat dan diamkan agar adonan berkurang panasnya.
  4. Terakhir, keluarkan kue bolu dari cetakan dan potong menjadi 2 (dua) bagian. Oleskan dengan selai strawberry pada bagian pertama, kemudian tumpuk lagi dengan bolu kukus coklat yang lainnya.
Kini kue bolu kukus coklat sudah siap untuk di hidangkan bersama keluarga atau teman-teman terdekat anda dengan di temani seduhan teh atau kopi. hmmm... lezat ya, satu lagi keuntungan nya adalah kue ini anda sendiri yang membuatnya dan terjaga kualitas dari bahan-bahan kue yang anda pilih sendiri. Terimakasih, semoga resep kue ini bermanfaat bagi anda. Untuk yang mencari macam macam resep lainnya silahkan cari di kotak pencarian yang di sediakan.

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Labels

Contact

Name

Email *

Message *